Kenapa Susu Kambing Bubuk Lebih Mahal dari Susu Sapi Bubuk

Kenapa susu kambing bubuk lebih mahal daripada susu sapi bubuk atau Kenapa Susu Kambing MIM lebih mahal dari Produk lain yang ada di pasaran ? pertanyaan ini paling sering ditanyakan konsumen kami dan  akan kami jawab dengan sebenar benarnya data, karena kami adalah produsen susu kambing bubuk, bukan makloon ke produsen lain atau istilahnya private label.

1. Satu Ekor Kambing Etawa dalam satu hari hanya menghasilkan 1 liter susu yang dipanen 500ml pagi dan 500ml sore sedangkan sapi dalam satu hari bisa menghasilkan 10 liter susu, bahkan sampai 20 liter untuk sapi jenis khusus. Untuk menyiasati hal ini maka beberapa produsen susu kambing bubuk menggunakan kambing jenis sanen atau senduro sehingga bisa meningkatkan produksi hingga 2 liter / hari. Tetapi Susu kambing MIM hanya dibuat dari 100% susu kambing ettawa tanpa campuran dari kambing jenis lain .

2. Harga 1 liter susu kambing etawa cair 25rb – 35rb/liter  sedangkan susu sapi cair hanya 6 rb hingga 8rb. Nah untuk Susu Kambing Organik MIM kami jual dengan harga 15rb/kantong isi 200ml ( 75rb/liter) karena kami jamin susu kambing berkualitas tinggi karena kambing ettawa di peternakan kami mengkonsumsi makanan organik terpilih seperti rumbut dan daun daunan ditambah makanan herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, habbatusauda, telur dan madu, jadi di perternakan kami tidak menggunakan makanan pabrikan yang biasa disebut konsentrat, premix, booster yang berguna untuk merangsang susu kambing lebih banyak. Karena itulah kami berani memasang label organik untuk produk MIM.

3. Untuk mendapatkan 1 kg susu kambing bubuk dibutuhkan 10 liter susu cair, sehingga harga 1 kg susu kambing bubuk original tanpa campuran adalah 250rb-350rb /kg, yang artinya untuk setiap kemasan 100 gram adalah 25rb – 35rb. Itu diluar biaya produksi seperti SDM, Listrik, sewa tempat, Penyusutan dan perawatan mesin spray dryer. Nah karena susu kambing bubuk murni tidak akan tahan lama jika berdiri sendiri (kecuali langsung dikonsumsi ), oleh sebab itu ada bahan pencampurnya yang lazim digunakan adalah creamer / krimer, untuk creamer /krimer yang kami juga sudah tersertifikasi halal dari MUI.

Dari tulisan diatas tentu anda sudah bisa membayangkan berapa harga ideal susu kambing bubuk, Jika anda menemukan susu kambing bubuk dengan harga 10 rb – 15rb untuk kemasan 200 gr, maka Waspadalah karena jangan jangan bukan susu kambing bubuk  yang anda konsumsi melainkan creamer / krimer ditambah campuran susu kambing dengan kandungan dibawah 5% / kemasan.